10 Film Lawas Terbaik, Inspirasi Bagi Perempuan (Part 1)

Credit: imdb.com

Safir.id—Sebuah film bukan hanya menyajikan cerita secara visual, akan tetapi bisa menjadi inspirasi khususnya bagi Perempuan.

Ada sejumlah film perempuan lawas yang menceritakan perjuangan mereka, Dari mulai seorang guru yang mengampanyekan perlunya pendidikan, perempuan yang ingin mendapatkan keadilan, sampai kisah perempuan dalam film yang mengisahkan tentang kesetaraan yang tidak dibedakan oleh ras dan suku.

Berikut ini, 10 film lawas terbaik bisa jadi inspirasi bagi perempuan yang ditulis oleh Safir.id secara serial dari berbagai sumber, Kamis (31/08/2023).

Baca juga: 7 Banguan Tua dan Sinopsis Film yang Syuting Disana

1. Monalisa Smile (2003)

Film Monalisa Smile merupakan film tentang perempuan pertama Amerika tahun 2003. Film ini bercerita tentang seorang wanita cantik bernama Katherin yang berprofesi sebagai pengajar di sebuah institusi pendidikan.

Ia bercita-cita ingin mengubah sudut pandang orang-orang tentang derajat wanita di mata dunia. Ia berpiki, wanita bisa hidup mandiri dan independen, serta ingin mematahkan asumsi bahwa wanita adalah makhluk yang lemah.

Katherin juga sering memotivasi betapa pentingnya pendidikan bagi manusia termasuk bagi pada kamu wanita. Dan film ini menjadi rekomendasi film tentang perempuan Barat yang sangat menginspirasi dan sayang untuk kalian lewatkan.

Baca juga: Film Budi Pekerrti Kisahkan Bahaya Bullying Viral di Medsos

2. Perempuan Berkalung Sorban (2009)

Film Perempuan Berkalung Sorban menceritakan seorang perempuan bernama Anissa yang berjuang mendapatkan keadilan yang rilis tahun 2009.

Anissa hidup di sebuah pesantren. Ayahnya berasal dari keluarga Kyai. Anissa seorang perempuan yang berani mengutarakan pendapatnya.

Suatu ketika, Anissa ingin melanjutkan kuliah. Namun, dilarang oleh sang ayah. Konflik mulai muncul tatkala, Anissa dinikahkan oleh ayahnya. Setelah menikah, bukannya bahagia. Ia justru mendapat banyak ketidakadilan dari sang suami sampai dipoligami.

Baca juga: Kisah Ibu yang Kesepian Dalam Film Just Mom

3. The Help (2011)

Film The Help menceritakan tentang hubungan antara warga kulit putih dan kulit hitam di Amerika pada awal 1960-an.

Film ini, memotret isu diskriminasi melalui kacamata kehidupan warga keturunan Afrika yang bekerja sebagai pembantu di rumah-rumah warga kulit putih.

Adalah Aibileen Clark dan Olivia, pembantu kulit hitam yang bekerja dengan Hilly Holbrook dan Elizabeth Leefolt.

Hampir sama seperti majikan lainnya, mereka membangun tembok pemisah dengan memandang sebelah mata dan memperlakukan keduanya dengan semena-mena.

Ketegangan mulai muncul, saat Aibileen tak sengaja mendengar pembicaraan majikannya, soal rencana pembuatan undang-undang yang jika disahkan akan membuat pembantu keturunan Afrika-Amerika tertindas.

Hingga sebuah ide perlawanan pun muncul dari Eugenia, seorang penulis yang juga rekan majikan mereka sendiri, teman baik sang pencetus rancangan UU.

Eugenia datang bak mesias yang menolong mereka sekaligus memberi harapan.

Baca kelanjutan film lawas terbaik, inspirasi bagi perempuan dalam tulisan selanjutnya.