1000 UMKM PALI Akan Dapat Kucuran Subsidi Bunga Pinjaman KUR 0%

Safir.id—Sebanyak 1000 UMKM di Kabupaten PALI akan mendapatkan subsidi bunga KUR 0% yang berguna untuk membangkitkan ekonomi rakyat.

Kepala Cabang Bank Sumselbabel Pendopo PALI, Darmiansyah SH menjelaskan, pelaku UMKM yang akan mendapatkan subsidi bunga tersebut tidak berlaku bagi UMKM yang sudah mendapatkan KUR sebelumnya.

“Program Subsidi bunga pinjaman KUR 0% memang bakal dilaunching tanggal 27-28 Oktober 2023 ini, namun berlakunya tahun 2024 terhadap UMKM yang baru mengajukan pinjaman,” katanya, Senin (23/10/2023)

Darmansyah menjelaskan, Untuk kuota penerima jumlahnya ada 1.000 pelaku UMKM dengan nilai maksimal pinjaman sebesar Rp10.000.000.

Baca juga: Bantu UMKM, Heri Amalindo Luncurkan Subsidi Pinjaman Bunga 0%

“Kuota kita siapkan dana untuk 1.000 UMKM. Persyaratan untuk mendapatkan pinjaman KUR dengan bunga disubsidi pemerintah ada ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi calon penerima sesuai dengan aturan Bank Sumselbabel,” tandasnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan penyaluran pinjaman KUR dengan bunga disubsidi pemerintah, pihaknya akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Pemda PALI melalui Dinas Koperasi dan UKM.

“Mekanismenya adalah nasabah yang mengajukan pinjaman tetap membayar angsuran plus bunga KUR sebesar 3 persen. Hanya saja untuk bunganya telah dibayarkan Pemda PALI,  jadi nasabah hanya membayar pokok setiap bulannya. Meski demikian, regulasinya akan kita koordinasikan kembali dengan Pemda,” pungkasnya.

Sebelumnya diketahui bahwa Pemda kabupaten PALI segera meluncurkan program Subsidi bunga pinjaman KUR 0% alias tanpa bunga bagi pelaku UMKM yang mengajukan pinjaman.

Launching program tersebut rencananya bakal digelar pada tanggal 27-28 Oktober 2023 berbarengan dengan kegiatan Festival Sagarurung yang akan dilaksanakan di halaman Kantor Camat Abab.