2 Fakta Kampung Transmigrasi di Desa Tempirai Selatan PALI

Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah beserta 3 Dinas Kabupaten/Kota mendatangi lokasi transmigrasi di Desa Tempirai Selatan, Kecamatan Penukal Utara, Kabupaten PALI, Jum'at (04/11/2022).

Safir.id—Pemerintah pusat melalui Kementerian Transmigrasi membangun 20 unit rumah transmigrasi di Desa Tempirai Selatan, Kecamatan Penukal Utara, Kabupaten PALI.

Pembangunan rumah bagi para transmigram tahap pertama itu, dilengkapi sarana dan prasarana penunjang seperti jalan cor beton sepanjang 2 kilimeter menuju pemukiman Transmigrasi, akses ke SMP Negeri 500 meter, TK/ SD/ SMU/ pesantren/ masjid dan pasar rakyat.

Baca: 3 Fakta Pemkab PALI Beri Beasiswa Masuk IPB Dengan Kuota Khusus

1. Dikunjungi Disnakertrans Jawa Tengah

Sebanya 20 unit rumah yang sudah memasuki tahap akhir tersebut, nantinya akan dihuni oleh transmigran yang berasal warga Jawa Tengah. Untuk memastikan kesiapan rumah, pemerintah Provinsi Jawa Tengah sudah mendatangi lokasi di Desa Tempirai Selatan, Kecamatan Penukal Utara pada Jum’at (04/11/2022).

Kunjungan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Tengah beserta 3 Dinas Kabupaten/Kota, disambut Plt Kadin Tenaga kerja dan Transmigrasi Kabupaten PALI diwakili Kabid Tenaga Kerja Suherman.

Pemkab PALI, kata Suherman, menyambut baik dan mengapresiasi atas minat Pemda Jawa Tengah untuk mengikutsertakan warganya di transmigrasi Tempirai Selatan.

“Telah dibangun 2 kilometer jalan cor beton menuju pemukiman Transmigrasi, SMP Negeri 500 meter, TK/ SD/ SMU/ pesantren/ masjid dan pasar rakyat. Sementara jarak tempuh ke Ibukota Kabupaten PALI hanya 30 menit,” jelasnya.

Baca: 4 Keunikan Bupati Heri Amalindo Ini, Tida Dimiliki Pemimpin Lain

2. Dibangun Diatas Lahan Seluas 900 Hektar

Pembangunan 20 unit perumahan bagi calon transmigran berada di atas lahan seluas 900 hektar.

Kepala bidang Penempatan Tenaga kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah Candra Yuliawan AP MSi mengapresiasi terhadap dukungan Pemkab PALI.

“Kami sangat antusias atas persiapan Pemda PALI menfasilitasi prasarana lahan dan perumahan para calon Transmigran. Selain jarak tempuh sangat dekat juga kami lihat lahan ini sangat subur,” ujarnya.

Untuk diketahui, nantinya lahan transmigrasi di Desa Tempirai Selatan aan dihuni oleh transmigran lokal sebanyak 60 persen dan transmigran dari luar Sumsel sebanya 40 persen. TIM SAFIR