2 Fakta Lionel Messi di Inter Miami Tahun 2023

Lionel Messi (Tibunnews)

Safir.id—Kehadiran bintang sepakbola Argentina Lionel Messi di Inter Miami pada 2023 sudah memberikan dampak besar bagi klub yang dimiliki oleh David Beckham tersebut.

Bahkan, Lionel Messi tidak hanya memberikan dampak secara ekonomi kepada tim, akan tetapi juga, secara individu diganjar sebagai pemain terbaik karena kehadirannya di Inter Miami.

Apa saja  fakta-fakta mencengangkan Lionel Messi di Inter Miami? Safir.id menghimpunnya dari berbagai sumber.

Baca juga: 3 Efek Fantastis Lionel Messi di Inter Miami

1. Dampak Kepada Sepak Bola Amerika

Eks pemain yang pernah bermain di Major League Soccer (MLS), Diego Valeri, mengungkapkan dampak Lionel Messi untuk sepak bola Amerika Serikat.

Lionel Messi memutuskan meninggalkan hiruk pikuk sepak bola Eropa seusai bergabung bersama klub Amerika Serikat, Inter Miami. Messi berlabuh di Inter Miami selepas tak melanjutkan kontrak bersama Paris Saint-Germain (PSG).

Meski tak lagi mentas di Eropa, Messi nyatanya tetap memperlihatkan sinar saat bermain untuk Inter Miami. Penyerang asal Argentina itu berhasil mengantarkan Inter Miami mengangkat trofi Leagues Cup 2023.

Messi pun banyak berkontribusi untuk Inter Miami. Ia mencatatkan 11 gol dan lima assist dari 14 penampilan di semua kompetisi untuk tim berjuluk The Herons.

Messi tak hanya berperan besar untuk Inter Miami, tetapi juga buat sepak bola Amerika Serikat secara keseluruhan. Betapa tidak? Kedatangan Messi di Inter Miami mampu membuat MLS, kasta tertinggi Amerika Serikat, mendapatkan sorotan positif.

Di samping itu, efek Lionel Messi juga mampu mendongkrak lini perekonomian Inter Miami dengan kehadiran penonton di stadion. Sementara itu, Diego Valeri menjelaskan, Messi mampu menghadirkan perbedaan dalam permainan Inter Miami.

Terlebih lagi, Messi disokong oleh mantan rekan setimnya di Barcelona, yakni Sergio Busquets dan Jordi Alba.

“Ada banyak perubahan, dan sekarang kami memiliki pemain terbaik dalam sejarah  yang memiliki penampilan luar bisa,” kata Diego Valeri, dilansir dari Marca.

“Inter Miami mengubah cara mereka bermain dengan kehadiran Messi dan Sergio Busquets,” tambah dia.

Baca juga: Gaji Neymar di Al Hilal Setara 4x APBD PALI

2. Majalah Time Beri Penghargaan

Lionel Messi dinobatkan sebagai Atlet Terbaik 2023 versi Majalah TIME dan menjadi pesepakbola pertama yang menerima award tersebut.

Alasan TIME memberikan award tersebut adalah dampak yang diberikan Messi sejak gabung Inter Miami pada musim panas lalu.

Meski cuma setengah musim, Messi langsung nyetel dengan tim asuhan Tata Martino itu dengan torehan 11 gol dan lima assist dari 14 pertandingan. Dia juga berperan membawa Inter Miami bisa menjuarai Leagues Cup lewat adu penalti.

Hanya saja, Messi gagal membawa Inter Miami lolos ke Playoff MLS dan kalah di final US Open Cup. Tapi, di luar lapangan, efek Messi begitu terasa untuk sepakbola Negeri Paman Sam.

Kehadiran La Pulga membuat DRV PNK Stadium, markas Inter Miami, selalu dipenuhi penonton dan selebritis setiap laga kandang. Bahkan harga tiket pun melambung tinggi yang berdampak pada pemasukan klub.

Bahkan untuk MLS 2024, semua tiket laga kandang tim-tim MLS ketika bertemu Inter Miami sudah sold out, sekalipun harganya dinaikkan. Tak cuma itu, langganan MLS Season Pass untuk menonton via streaming pun mampu mendatangkan lebih dari 100 ribu pengguna baru.

Penjualan jersey tentunya juga berdampak karena meningkat drastis dan membuat Adidas selaku mitra olahraga Inter Miami, kewalahan melayani pemesanan.

“Lionel Messi kembali melakukan hal yang sepertinya mustahil tahun ini, ketika dikontrak Inter Miami; mengubah Amerika Serikat jadi negara sepakbola,” ujar pernyataan resmi TIME.

Itulah 2 Fakta Lionel Messi di Inter Miami Tahun 2023.