8 Juni KPU PALI Terima Bendera Kirab Pemilu 2024

Safir.idKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten PALI akan menerima Bendera Kirab Pemilu 2024 pada 8 Juni 2023 yang akan diarak di lima kecamatan yang ada di Kabupaten PALI.

Kirab Pemilu 2024 pertama kali diluncurkan oleh KPU RI pada 14 Februari 2023 sebagai momentum memperingati setahun menuju hari pemungutan suara Pemilu 2024.

Pada saat itu, peluncuran Kirab Pemilu 2024 dilakukan secara hybrid di delapan lokasi berbeda  yang disaksikan oleh 38 KPU Provinsi/KIP Aceh dan 514 KPU/KIP Kabupaten/ Kota.

KPU juga menggelar Deklarasi “Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa” yang dibacakan oleh Ketua KPU.

“Ini sebagai simbol bahwa Pemilu tidak hanya terjadi di tingkat pusat, tetapi justru pemilu dimulai dan dilaksanakan di daerah. Semua anggota DPR, calon-calon yang akan berkompetisi itu, Pemilih, konstituen, suara berasal dari daerah. Saya kira ini penting sebagai simbolis sebagai kita semua bahwa masyarakat kita rakyat pemilih itu berada di daerah.”,” jelas Hasyim Asy’ari, Ketua KPU.

Baca juga: Penyebab Penyusutan 1.306 Daftar Pemilih Pada Pemilu 2024

KPU PALI Koordinasi Dengan Stakeholder

Untuk menyambut Kirab Pemilu 2024, KPU PALI melakukan koordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten PALI dan partai politik yang ada di Kabupaten PALI.

Ketua KPU kabupaten PALI, Sunario, SE mengatakan, pihaknya akan menerima Bendera Kirab Pemilu dari Kabupaten Muara Enim pada 8 Juni 2023 mendatang.

“Saat ini, bendera Kirab Pemilu masih berada di Kabupaten Muara Enim. InsyaAllah tanggal 8 Juni akan masuk ke Kabupaten PALI,” katanya.

Ia menjelaskan, Kirab Pemilu 2024 merupakan sarana integrasi bangsa dan sosialisasi peserta Pemilu ke masyarakat.

“Kirab pemilu juga merupakan bentuk sosialisasi partai politik peserta pemilu dan juga nomor urut partai politik kepada masyarakat khususnya di Kabupaten PALI,” terangnya.

“Pada Kirab Pemilu nanti, setiap parpol diperbolehkan melakukan sosialisasi nomor urut dan lambang partai politik masing-masing,” tambahnya.

Ia menjelaskan, selama lima hari dari 8 sampai 12 Juni, bendera Kirab Pemilu akan diarak ke lima Kecamatan yang ada di Kabupaten PALI. TIM SAFIR.