Ahli Desain Grafis, Sartika Ingin Majukan UMKM PALI

Sartika, Mahasiswa Program Desain Komunikasi Visual Institut Seni Indonesia Surakarta. (Foto Dok Pribadi)

Safir.id–Sartika, mahasiswa penerima beasiswa Pemkab PALI hasil kerjasama dengan ISI Surakarta yang digagas Bupati Dr. Ir. H. Heri Amalindo, sudah memiliki keahlian desain grafis..

Harapan dari Heri Amalindo, agar penerima beasiswa yang lulus nanti bisa mengabdi di Kabupaten PALI, sepertinya juga akan menjadi kenyataan. karena Sartika, memiliki cita-cita dan mimpi yang sama untuk mewujudkan itu.

Penulis Buku “Eduwisata Arca Stambaha” ini mengatakan, dengan pekerjaan atau keahilan yang dimiliki, ingin sekali membantu UMKM lokal untuk mengembangkan identitas visual yang menarik dan profesional.

Kemudian, merancang materi promosi seperti brosur, pamflet, poster, dan spanduk untuk acara lokal. Serta menghasilkan konten visual untuk media sosial dan kampanye pemasaran online.

Bagaimana kisah selengkapnya? Apa cita-cita mahasiswa Program Desain Komunikasi Visual Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta tersebut?

Berikut petikan wawancara ekskslusifnya dengan Safir.id, Selasa (29/08/2023).

Baca juga: Berkat Heri Amalindo Mahasiswa PALI Kuliah Gratis di IPB Unuversity

Bagaimana Ceritanya atau Inspirasi Membuat Desain Packaging Kopi Mang Heri?

Sebelumnya saya dipercayai oleh bapak Rohman kepala dinas koperasi PALI untuk ikut serta dalam Sumsel Expo 2023 di Jogja. Saat itu, setelah acara selesai saya ditugaskan untuk membuat beberapa desain packaging dari UMKM Kabupaten PALI. Salah satunya desain Packaging Kopi mang heri.

Desain sebelumnya menurut Sartika sudah cukup baik. Namun, ada beberapa aspek yang mungkin harus dibenahi. Misalnya desain logo dari Kopi Mang Heri itu sendiri, dengan menggabungkan tulisan Kopi mang heri dengan Biji kopi dan ilustrasi dari Bapak Heri Amalindo.

Selain itu, saya juga menambahkan elemen Pattern yang merefresentasikan kain songket, dan beberapa elemen lain seperti bubuk kopi, cangkir kopi, dan deskripsi penyajian serta komposisi.

Baca juga: Kopi Mang Heri, Bukti Heri Amalindo Sukses Majukan UMKM PALI