Bantu UMKM, Heri Amalindo Luncurkan Subsidi Pinjaman Bunga 0%

Ilustrasi UMKM.

Safir.id—Pemerintah Kabupaten PALI dibawah kepemimpinan Bupati Dr. Ir. H. Heri Amalindo MM akan meluncurkan program Subsidi bunga pinjaman 0% Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Launching program program tersebut, dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UKM bersamaan dengan Festival Sagarurung Vol.2 pada tanggal 27-28 Oktober 2023.

“InsyaAllah kami siap laksanakan launching program tersebut, dan program itu berlaku mulai tahun 2024 mendatang yang telah dianggarkan melalui APBD,” sebutnya.

Bupati PALI Heri Amalindo melalui Kepala Diskop UKM kabupaten PALI Raden Abdurrohman mengatakan, program tersebut berlaku mulai tahun 2024 yang telah dianggarkan dalam APBD.

“InsyaAllah kami siap laksanakan launching program tersebut, dan program itu berlaku mulai tahun 2024 mendatang yang telah dianggarkan melalui APBD,” sebutnya.

Ia menjelaskan, program tersebut merupakan upaya pemerintah membantu pelaku UMKM agar bisa bangkit kembali mengembangkan usaha pasca pandemi Covid-19.

“Kita ketahui bahwa saat pandemi Covid-19 lalu, banyak pelaku UMKM yang kesulitan dan bahkan ada yang gulung tikar. Hal inilah membuat pemerintah kabupaten PALI melalukan upaya konkret dalam mengangkat kembali perekonomian rakyat di wilayah Bumi Serepat Serasan,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk persyaratan mendapatkan program Subsidi bunga pinjaman 0% KUR bagi UMKM, pihak perbankan disesuaikan dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh perbankan.

“Kita telah bekerjasama dengan Bank Sumsel babel untuk penyalur KUR Subsidi. Namun syarat dan ketentuan, kita ikuti aturan dari pihak bank,” tambahnya.

Ia berharap, program tersebut bisa membantu permodalan pelaku UMKM untuk bangkit kembali dan berkembang sehingga mampu menyumbang penurunan angka kemiskinan di Kabupaten PALI.