Belum Terlambat Jika Ingin Dapat Cuan Dari Tiktok

Tiktok

Safir.idBukan rahasia lagi, jika platform media sosial (medsos) Tiktok menjadi salah satu ladang menggiurkan untuk mencari cuan.

Ada sebuah anggapan, menjadi konten kreator Tiktok harus memiliki wajah glowing, pintar joget atau memiliki keahlian membuat video agar videonya nanti banyak ditonton. Benarkah harus seperti itu? Mari kita bedah!

Untuk menghasilkan cuan dari Tiktok tidak harus seperti kriteria diatas tadi. Ada kok artis yang populer tidak juga videonya selalu viral bukan? Bahkan, konten yang menampilkan jati diri pengguna apa adanya, menghibur dan menginspirasi berhasil ditonton banyak penonton. Seperti King Kevin yang sudah membuktikan itu.

Mengapa Harus Cari Cuan Di Tiktok?

Melansir beberapa sumber yang dihimpun Safir.id, Sabtu (28/07/2023), sebagai platform media sosial paling populer saat ini, Tiktok sudah mampu menguasai pasar menyalip media sosial seperti Instagram dan Twitter.

Deretan video yang menarik ataupun tidak tetap akan ditampilkan. Tiktok memiliki format video pendek adiktif yang mendorong orang penasaran terhadap video yang ditampilkan. Sehingga banyak orang tidak memiliki kontrol untuk berhenti menonton.

Tiktok juga memiliki kecerdasan buatan canggih yang dibuat oleh ByteDance, sebuah perusahaan hebat bidang teknologi kecerdasan buatan atau Artficial Intelligence. 

Nah, dengan algoritmanya itu, Tiktok jauh lebih baik dari pada pesaingnya yang hanya menampilkan hal-hal disukai. Lebih dari itu, platform ini juga memiliki data pengguna lengkap sehingga aplikasi Tiktok sudah memrediksi apa yang disukai.

Kemudian untuk menggaet pasar lebih besar, Tiktok menyajikan proses pembuatan konten yang mudah. Konten video bisa dipercantik dengan efek gambar, video menjawab challenge, video lipsing hingga video dancing. Bahkan, pengedit video seperti Capcut semakin mempermudah pembuatan video Tiktok.

Hal lain yang perlu digaris bawahi, jika Tiktok fokus memromosikan video yang diunggah sehingga menimbulkan kebanggaan, kalau video telah ditonton banyak audiens. Tentu saja, ini tidak seperti yang sulit menjangkau audiens. Hal ini memberikan peluang kepada para pemula membuat video kembali.

Selain itu, Tiktok menyediakan mudah dalam proses sharing seperti fitur kemudahan dalam mendownload. Hal ini berguna bagi konten kreator, karena tanpa harus mengeluarkan anggaran besar, video yang dibuat bisa dipromosikan secara gratis.

3 Modal Utama Jadi Konten Kreator Tiktok

Cara terbaik menjadi konten kreator Tiktok sehingga mendapatkan penghasilan adalah segera memulai hari ini. Jangan banyak berpikir, karena lama-kelamaan bisa ketinggalan. Jangan sampai impian mendapatkan cuan hanya sebatas angan.

Sebenarnya ada 3 modal utama yang wajib dimiliki jika kamu ingin serius menjadi konten kreator Tiktok. Modal lainnya akan datang sendirinya seiring dengan interaksi dengan pengguna lain terhadap video yang kamu buat.

1. Buat Video Sesuai Minat

Magnet Tiktok itu sungguh luar biasa. Video-video yang diunggah seringkali membuat orang tak habis pikir bagaimana menciptakan gerakan aneh dan menyesuaikan dengan lagu secara bersamaan.

Bagi kamu yang ingin memulai, buatlah konten video yang menarik. Jika kamu seorang guru, bisa membuat tutorial mengajar. Jika seorang pelajar bisa membuat cerita suka duka sekolah dan menjalin persahabatan di sekolah.

Pokoknya cobalah menjadi diri sendiri dan tidak perlu menjadi orang lain. Tidak perlu menjadi imitasi meniru orang lain, sedangkan kamu sebenarnya punya potensi yang belum dieksplorasi.

Dan ingat! Konten video Tiktok yang viral banyak diawali oleh penggunanya yang tampil dengan alami. Kamu tidak perlu membuat konten sensual dan sensasional. Lebih baik cobalah konten tersebut benar-benar menunjukan siapa dirimu sebenarnya.

2. Hilangkan Rasa Malu

Tiktok merupakan aplikasi yang menampilkan konten menghibur, natural dan unik. Oleh karenanya, jika berniat terjun menjadi konten kreator, hilangkan rasa malu dan minder. Bagaimana kamu akan tahu kekurangan dan kelebihan kontenmu, jika belum pernah membuat video sekalipun?

Kabar baiknya, menjadi konten kreator di Tiktok tak harus menampilkan wajah dan muka kita bukan? Coba lihatlah beberapa video yang banyak ditonton, ada juga yang hanya rekaman suara dengan menggunakan video-video vertical gratis yang saat ini sudah banyak disediakan oleh banyak situs seperti unflash dan pixabay.

3. Jangan Terbius Konten FYP

Di Tiktok ada istilah For Your Page (FYP) yang berarti halaman awal atau utama saat kamu pertama kali login ke TikTok. FYP dianggap sebagai indikator konten kreator yang populer, karena videonya banyak ditonton. Hal inilah juga yang membuat pengguna Tiktok bisa mendapatkan itu.

Bagi pemula yang ingin memulai, jangan dahulu mengejar FYP. Jadikan untuk sementara, itu sebagai target sekaligus untuk memicu semangat membuat konten.

Untuk menuju kea rah itu, mulailah membuat konten di waktu prime time TikTok terjadi pada pukul 12.00-13.00, 16.00-17.00 dan 19.00-23.00. Buatlah video berkualitas. Jangan membuat video terlalu panjang agar pengguna lain bisa dengan mudah membagikan ulang konten tersebut.

Itulah beberapa tips mencari cuan melalui aplikasi Tiktok. Semoga bermanfaat.