Demi Nonton Piala Dunia Qatar, 5 Pesepeda Gowes Puluhan Ribu Kilometer

Safir.idMenonton Piala Dunia Qatar 2022 secara langsung dari pinggir lapangan menjadi impian banyak orang, tak peduli harus mengayuh sepeda puluhan ribu kilometer dari negaranya melewati banyak benua menuju Doha.

Jika sebelumnya ada fans yang rela menabung 4 tahun demi melihat Lionel Messi, kali ini ada fakta unik lainnya yang membuat decak kagum demi mendukung Negaranya berlaga di ajang sepakbola empat tahunan tersebut.

Baca: Demi Messi di Piala Dunia Qatar Rela Nabung 4 Tahun dan Tak Beli Rumah

Seperti apa kisah mereka gowes puluhan ribu kilometer ke Doha untuk menonton Piala Dunia Qatar? Berikut 2 faktanya yang dihimpun Safir.id dari berbagai sumber, Rabu (16/11/2022).

1. Dari Argentina Mengayuh Sepeda 10.000 Km ke Qatar

Aksi nekad tersebut dilakukan oleh tiga pria bernama Lucas Ledezma, Leandro Blanco Pighi, dan Silvio Gatti. Mereka mengayuh sepeda sejauh 10.000 kilometer.

Dari laporan yang dilansir TyC Sports, tiga pesepeda asal Argentina itu melintasi tiga benua untuk tiba di Qatar. Mereka berangkat dari Kota Cordoba (Argentina) dan melintasi Cape Town (Afrika Selatan) untuk kemudian sampai di Doha, Qatar.

Sebelum tiba di Qatar, ketiganya mengayuh sepeda 80 sampai 100 kilometer per hari. Lucas Ledezma mengatakan, dirinya bersama rekannya telah melalui perjalanan luar biasa untuk menyaksikan aksi timnas Argentina dan Lionel Messi di pentas Piala Dunia.

“Kami melintasi Afrika dan Timur Tengah untuk tiba di Piala Dunia. Mustahil merangkum cerita 10.000 kilometer perjalanan, tetapi itu adalah pengalaman terindah dalam hidup saya,” kata Lucas Ledezma, dikutip dari TyC Sports.

“Kegilaan yang luar biasa untuk Lionel Messi, tim nasional Argentina, untuk semangat ini dan untuk banyak hal lainnya,” ujarnya.

Ledezma mengaku, sempat berpapasan dengan sejumlah hewan seperti gajah, jerapah, hingga hiena saat mengayuh sepeda di Botswana, Afrika.

2. Dari Perancis Mengayuh Sepeda 5.000 Km

Hampir sama dengan yang dilakukan dengan Lucas Ledezma, Leandro Blanco Pighi, dan Silvio Gatti, dua warga Perancis juga melakukan aksi serupa.

Keduanya adalah Mehdi Balamissa, seorang pembuat film dokumenter, dan Gabriel Martin, seorang produser TV. Mereka berdua berangkat dari Stade de France pada 20 Agustus 2022 lalu setelah menempuh perjalanan 5.000 kilometer dengan mengayuh sepeda.

Terungkap juga, bahwa ide Mehdi dan Gabriel sudah terbesit saat keduanya bersepeda ke Italia untuk pertandingan Nations League tahun lalu.

Balassima mengatakan keputusan untuk bersepeda ke Qatar juga didorong keinginan memperkenalkan aksi keberlanjutan alam (sustainability).

“Kami dapat menunjukkan kepada orang-orang bahwa dengan kaki Anda dapat memberi begitu banyak petualangan di sekitar tempat Anda atau mungkin lebih jauh,” kata Balamissa kepada Reuters.

Mereka menempuh jarak perjalanan 120 kilometer sehari, dan sudah tiba di Yordania minggu ini. Selanjutnya dua pecinta sepak bola itu akan melintasi Arab Saudi sebelum mencapai Doha.

Martin mengatakan, dirinya menghadapi medan yang berbeda dalam perjalanan panjang selama tiga bulan adalah tugas yang berat.

“Tantangan utamanya adalah untuk menempuh jarak yang sangat jauh. Kadang datar tapi kadang menanjak,” katanya.

Itulah kisah 4 pesepda gowes sepeda puluhan ribu kilometer ke Qatar demi menonton Piala Dunia 2022. TIM SAFIR