Dilantik Doli Kurnia, Pengurus DPD LPM Sumsel 2022-2027 Diisi Tokoh-Tokoh Muda

Bupati PALI Dr. Ir. H. Heri Amalindo menjadi Dewan Pembina LPM Sumsel.

Ketua DPP LPM Ahmad Doli Kurnia melantik Leo Budi Rahmadi, M Nasir dan Firdaus Hasbullah sebagai ketua, sekretaris dan bendahara DPD LPM Sumsel periode 2022-2027, Minggu (11/09/2022).

Safir.id—Ketua DPP LPM Dr. Ahmad Doli Kurnia Tanjung yang juga Ketua Komisi II DPR melantik kepengurusan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Sumatera Selatan (Sumsel) di Auditorium Bina Praja Pemprov Sumsel, Minggu (11/09/2022).

Kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LPM Sumsel periode 2022-2027 hasil Muda I diisi oleh tokoh-tokoh muda antara lain: H. Leo Budi Rachmadi sebagai Ketua DPD LPM Sumsel Periode 2022-2027, Wakil Ketua Muhammad Nasir dan Bendahara Firdaus Hasbullah atau FH.

Peserta Musda dari 17 Kabupaten/Kota se Sumsel juga memilih Bupati PALI Dr. Ir. H. Heri Amalindo sebagai Dewan Pembina LPM Sumsel periode 2022-2027.

Ketua DPP LPM Ahmad Doli Kurnia menjelaskan, selama ini LPM telah bekerja sama dengan Kemendagri dan Kementerian Desa serta sejumlah Kementerian lainnya melalui berbagai program.

LPM, kata dia, merupakan aset masyarakat untuk membantu memberdayakan masyarakat dan mitra gubernur untuk ikut menyukseskan visi dan misi Gubernur Sumsel.

“Selamat Bung Leo dan jajarannya yang telah dilantik. Segera melakukan konsolidasi menyeluruh dan melaksanakan program kerja LPM di Sumsel agar bisa bekerja sama untuk menyukseskan pembangunan di Sumsel,” katanya.

Gubernur Sumsel, H. Herman Deru menjelaskan, sebelumnya nama LPM ada sejak orde lama yaitu LSD (Lembaga Sosial Desa) kemudian menjadi LKMD (Lembga Ketahanan Masyarakat Desa).

“Memang selayaknya organisasi yang bermertafosis menjadi LPM hadir di tingkat Desa, bersama masyarakat mengembangkan potensi Desa,” ujarnya.

Ia berharap, kepengurusan LPM Sumsel periode 2022 -2027 bisa hidup sampai ke tingkat desa di Sumsel sehingga bisa mengembangkan potensi desa bersama warga dan pemerintahan desa.

Sementara itu, Koordinator Sumatera DPP LPM M Zulfikor Mubarok mengatakan, sejauh ini LPM selalu dekat dengan pemerintah daerah baik di tingkat kabupaten, kota maupun sampai ke desa-desa.

“LPM bermitra dengan pemerintah desa untuk meningkatkan aspirasi dan pelayanan masyarakat guna penyelenggaraan dan pembangunan desa yang lebih baik. LPM juga selalu bersinergi dengan BPMPD disetiap tingkatan,” katanya.

Kepengurusan Mewakili 6 Titik Perwakilan di Sumsel

Firdaus Hasbullah, SH (tengah) setelah pelantikan DPD LPM Sumsel, Minggu (11/09/2022)

Dalam kepengurusan DPD LPM Sumsel periode 2022-2027 yang dipimpin H. Leo Budi Rachmadi mewakili 6 titik kabupaten/kota di Sumsel.

Keenam titik tersebut antara lain: Muhammad Nasir mewakili Muba, Firdaus mewakili Muara Enim Raya, Rinaldi mewakili Mura Raya, Nani mewakili OKU Raya, Abdul Aziz mewakili Muara Enim Raya, dan Kms Idham Murni mewakili Palembang.

Leo Budi Rachmadi setelah dilantik mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPP LPM yang sudah melantik kepengurusan DPD LPM Sumsel.

“Saya mewakili kepengurusan DPD LPM sumsel terima kasih kepada Abangda Dolly Kurnia Tanjung ketua DPP LPM RI bisa hadir dalam pelantikan ini,” katanya.

Ia juga menjelaskan akan secepatnya melakukan konsolidasi kepengurusan di 17 kabupaten kota dan ada sekitar 17.000 desa di Sumsel.

“Insya Allah dengan kekuatan sumber daya yang ada karena komposisi kepengurusan DPD LPM Sumsel ini sudah mewakili enam titik perwakilan kabupaten kota di Sumsel,” tambahnya.

Setelah Musda, pihaknya akan melakukan konsolidasi agar LPM hadir sampai ke tingkat desa dan tingkat kabupaten kota memastikan jaringan kepengurusan sampai ke tingkat desa.

“Semoga dengan dikukuhkannya LPM Sumsel ini dapat bermanfaat bagi Masyarakat Sumatera Selatan, kita optimis, bisa ikut membantu pembangunan dan kemajuan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota,” ujarnya. TIM SAFIR