Fitur WhatsApp Terbaru Bisa Rekam dan Kirim Video

Safir.idWhatsApp meluncurkan fitur terbaru yang memungkinkan pengguna dapat merekam dan mengirim video secara langsung melalui aplikasi dengan berdurasi hingga 60 detik.

“Kami pikir ini akan menjadi cara yang menyenangkan untuk berbagi momen dengan semua emosi yang muncul dari video, apakah itu mengucapkan selamat ulang tahun kepada seseorang, menertawakan lelucon, atau membawa kabar gembira,” ujar perusahaan dalam sebuah postingan blog, seperti dikuitp Safir.id. Selasa (01/08/2023).

Fitur baru WhatsApp ini akan mirip dengan mengirim pesan suara pada platform dan juga akan ada cara untuk merekam video secara hands-free. Perusahaan mengatakan pembaruan baru ini sudah mulai diluncurkan di aplikasi dan akan tersedia untuk semua orang dalam beberapa minggu ke depan.

Sebelum ini, WhatsApp juga telah meluncurkan beragam fitur baru. Salah satunya fitur yang memungkinkan pengguna mentransfer chat hanya dengan memindai QR Code.

Fitur transfer chat yang mem-bypass data di cloud hanya dengan memindai kode QR yang ditampilkan di ponsel lama pengguna dengan ponsel baru pengguna. Fitur ini berpotensi membuat proses transfer chat lebih cepat dan mudah daripada cara sebelumnya.

Tidak hanya itu, WhatsApp juga dikabarkan sedang menguji fitur untuk menyembunyikan nomor ponsel pengguna dari orang asing di kolom Community. Fitur teranyar ini disebut akan hadir dalam pembaruan WhatsApp Beta terbaru, baik untuk perangkat Android maupun iOS.

Fitur WhatsApp Selama 2023

Pada tahun 2023, sudah banyak sekali pembaruan fitur dari WhatsApp yang bisa dicoba antara lain:

1. Edit Pesan

Fitur ini merupakan yang terbaru dari WhatsApp. Pengguna dapat mengedit pesan yang dikirim jika terjadi typo atau salah penulisan. Tentu saja ini sangat berguna bagi pengguna yang sering salah dalam menulis.

Fitur edit pesan telah hadir secara resmi pada tanggal 23 Mei 2023. Jika ingin menikmati fitur ini, pengguna dapat melakukan pembaruan terlebih dahulu.

Cara menggunakan edit pesan yaitu denganmenekan lama pesan yang sudah pengguna kirim. Kemudian,klik ikon titik tiga di bagian kanan atas. Lalu pilih menu edit, maka pesan tersebut dapat diubah dan kirim kembali.

2. Menyimpan pesan sementara

Fitur yang dimiliki aplikasi WhatsApp selanjutnya adalah menyimpan pesan dengan sementara. Kegunaan fitur ini adalah pengirim yang mengaktifkan pesan sementara, dapat mengatur obrolan mana saja yang diizinkan untuk disimpan pada orang lain.

Dan jika ada penerima yang menyimpan pesan tersebut, maka nanti akan dapat notifikasi jika pesan tersebut disimpan. Nanti pengirim dapat memberikan izin penerima untuk menyimpan atau membuatnya menjadi pesan yang akan menghilang sesuai batas waktu.

2. Mengaktifkan Kunci Chat

Fitur lainnya yang hadir pada aplikasi WhatsApp adalah dapat mengunci pesan seseorang atau obrolan grup. Fitur ini telah dirilis sejak 16 Mei 2023 yang akan memberikan privasi lebih bagi pengguna.

Cara menggunakan atau mengaktifkan fitur kunci chat adalah dengan ketuk info profil pengguna yang chat-nya ingin disembunyikan, kemudian pesan akan berpindah ke folder “Chat yang dikunci”.

4. Share Screen WhatsApp

Fitur ini sekarang menjadi sangat tren di dunia sosial. Pasalnya fitur share screen WhatsApp merupakan fitur yang sangat berguna sekali. Namun, fitur ini masih belum semua bisa menggunakan, dan akan tersedia secara merata dan meluas untuk semua pengguna dalam waktu dekat.

Itulah informasi beberapa fitur WhatsApp yang bisa dicoba. Silakan perbarui aplikasi pada perangkat untuk mendapatkan pengalaman terbaru. ***