Gaji Neymar di Al Hilal Setara 4 Kali APBD PALI

Neymar pindah ke Al Hilal dari PSG. (Youtube)

Safir.idBintang Tim Nasional Brazil sekaligus pemain Paris Saint Germain (PSG), Neymar resmi pindah ke klub barunya Al Hilal pada Rabu (16/8/2023) dini hari WIB dengan gaji yang akan diperoleh setara dengan 4 tahun APBD PALI.

Begini hitungannya. Jika Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten PALI dirata-ratakan setiap tahunnnya sebesar Rp1,5 trilun, maka gaji mantan pemain Barcelona di klub kaya raya asal Saudi itu bisa mencapai Rp6,1 triliun sampai 2025.

Menurut laporan seperti dikutip Kompas.com, Neymar, resmi pindah ke Arab Saudi, Klub Al Hilal dengan gaji mencapai Rp 4,5 triliun untuk dua tahun. Proses transfernya tuntas diproses oleh ayahnya, Neymar Pai dan super agen Pini Zahavi.

“Saya di sini Arab Saudi. Saya Hilal!” kata Neymar dalam video perkenalan dirinya yang diunggah media sosial resmi Al Hilal.

Kendati Al Hilal tidak mengumumkan biaya transfer yang dikeluarkan, namun menurut data Transfermarkt, Al Hilal harus menebus Neymar dari PSG dengan harga 87 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 1,3 triliun.

Pakar transfer Fabrizio Romano mengungkapkan, Neymar bakal menerima gaji sebesar 300 juta dolar AS (Rp 4,5 triliun) untuk dua tahun membela Al Hilal tanpa disertai opsi perpanjangan kontrak.

Bahkan, gaji yang diterima Neymar berpotensi bertambah, jika memasukkan klausul bonus dan kesepakatan komersil, sehingga pendapatannya di Al Hilal bisa mencapai 400 juta dolar AS atau sekitar Rp 6,1 triliun sampai 2025.

Alasan Pindah ke Al Hilal

Menurut The Sun, Neymar disinyalir telah menyampaikan rencana untuk meninggalkan klub ke manajemen PSG pada akhir pekan lalu. Namun, alasan dirinya hengkang masih belum diketahui pasti.

Mendengar kesempatan ini, Al Hilal langsung memanfaatkan dengan mengadakan pembicaraan lebih lanjut kepada Neymar. Apalagi, sang Bintang itu telah absen lama membela PSG sejak terakhir kali pada Maret 2023 lalu.

Kendati begitu, Neymar masih menjadi pemain dengan biaya transfer termahal di dunia pada 2017, ketika itu PSG menggelontorkan 198 juta pounds atau setara Rp3,8 Triliun untuk menebusnya dari Barcelona.