Hadiah Umroh Dari Bupati PALI Heri Amalindo Bagi Para Guru Sejarah

Bupati PALI Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM saat menerima AGSI PALI dan AGSI Sumsel, Rabu (12/10/2022).

Safir.id—Hadiah umroh menjadi penghargaan khusus dari Bupati PALI Heri Amalindo kepada para guru sejarah di Kabupaten PALI yang tergabung dalam AGSI (Asosiasi Guru Sejarah Indonesia).

Umroh gratis akan diberikan kepada para guru sejarah SMA/IPS SMP di Kabupaten PALI bila memenangkan karya tulis terbaik dengan tema kearifan lokal “Bumi Serepat Serasan”.

Hal tersebut ditegaskan Bupati PALI Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM didampingi Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Disbudpar saat menerima silaturahmi AGSI Provinsi Sumsel dan AGSI Kabupaten PALI, di Guest House, Rabu (12/10/2022).

Heri Amalindo menambahkan, keberadaan AGSI sangat tepat di tengah-tengah bangsa Indonesia yang semakin dewasa. Akan tetapi banyak yang belum memahami sejarah bangsanya.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya, peranan sejarah sangat besar dalam melahirkan Republik Indonesia,” katanya seperti dilansir dar Citra Sumsel

Ia menegaskan, di kabupaten PALI, banyak terdapat peninggalan sejarah dan budaya seperti Candi Bumi Ayu yang merupakan salah satu situs peninggalan Agama Hindu terdapat di pesisir Sungai Lematang, merupakan Candi Hindu terbesar di luar Pulau Jawa.

Hal ini dapat dijadikan rujukan bagi guru-guru untuk mengadakan penelitian atau kegiatan-kegiatan dalam upaya mengembangkan pengetahuannya.

Heri Amalindo menjelaskan, guru merupakan profesi yang mulia dan berhak memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi, memiliki kebebasan untuk berserikat dalam organisasi profesi, memperoleh kesempatan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensi, memperoleh pelatihan dan pengembangan profesi dalam bidangnya.

Baca: Ini Prioritas Pembangunan Kabupaten PALI Tahun 2022

Sementara itu, Ketua AGSI PALI, Yunita Susilawati mengucapkan terimakasih kepada Bupati PALI yang telah memfasilitasi kegiatan silahturahmi ini.

“Terimakasih bapak Bupati, atas fasilitas yang telah diberikan untuk kami, kegiatan ini untuk mempererat hubungan antara Pemerintah PALI dengan AGSI,” ujarnya.

Yunita berharap AGSI Kabupaten PALI mendapat dukungan dari Bupati PALI, agar bisa bersinergi dalam memberikan pendidikan yang baik di bidang Sejarah,” tukasnya.

AGSI PALI Pertama Terbentuk di Sumsel

Silaturahni Bupati PALI dengan pengurus AGSI PALI dan AGSI Sumsel. (Foto: Diskominfo PALI)

Ketua AGSI Sumsel Merry Hamraeny menjelaskan, AGSI adalah organisasi profesi yang bersifat independen, tapi akan menilai sendiri secara objektif, proporsional, dan bijak mengenai kiprah para tokoh dalam sejarah Indonesia.

“Untuk AGSI Kabupaten PALI merupakan yang pertama atau perdana terbentuk di daerah yang ada di Provinsi Sumsel,” katanya.

Merry mengatakan, baru pertama ke Kabupaten PALI langsung disambut baik oleh Bupati PALI. “Ini hanya acara silaturahmi tetapi bentuknya sangat luar biasa, bapak Bupati sangat merespon dengan kegiatan ini, kami juga mengucapkan terimakasih,” pungkasnya. TIM SAFIR

Baca: Kisah Warga Skotlandia Temukan Ladang Minyak di Talang Akar