Heri Amalindo Series (3) : Meletakan Fondasi Kepariwisataan PALI

Bupati PALI Heri Amalindo saat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel untuk penyebaran informasi melalui aplikasi GIWANG, 5 November 2021.

Safir.idSelama memimpin Kabupaten PALI, Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM bersama Wakil Bupati H. Soemarjono, sudah meletakan fondasi kepariwisataan dengan menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2019.

Sektor pariwisata memiliki peran penting untuk penerimaan devisa dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat PALI. Bahkan, dengan membangun ekosistem kepariwisataan, bisa menciptakan permintaan. Baik konsumsi maupun investasi yang akan berdampak terhadap produksi barang dan jasa masyarakat.

Baca: Heri Amalindo Series (2): Ingat Pendidikan Jangan Jadi Generasi ‘Besak’ Gengsi!

Fondasi kepariwisataan di Kabupaten PALI ini sangat penting sebagai blue print membangun ekosistem wisata yang berkesinambungan. Apalagi, PALI memiliki paket wisata lengkap yang tidak dimiliki daerah lain. Ada wisata budaya, wisata religi, wisata alam dan wisata sejarah.

Bupati Heri Amalindo saat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel untuk penyebaran informasi melalui aplikasi GIWANG Sumsel mengatakan, Kabupaten PALI memiliki sumber daya alam yang unik dan potensi wisata yang tersebar di 5 kecamatan.

“Kabupaten PALI terdiri dari 5 Kecamatan 5 Kelurahan 71 Desa, tentu PALI memiliki kekayaan alam, seperti Candi Bumi Ayu mejadi tempat berwisata andalan di Bumi Serepat Serasan dan makan khas seperti Segarurung yang menjadi kebanggaan masyarakat PALI,” katanya, 5 November 2021.

Baca: Heri Amalindo Series: Terobosan Memimpin ICMI Sumsel Tahun 2022

Isi Perda Nomor 2 Tahun 2019

Perda Nomor 2 tahun 2019 merupakan Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten PALI (RIPPARKAB) yang merupakan dokumen perencanaan pembangunan kepariwisataan mulai tahun 2018 sampai tahun 2028.

Dalam Perda tersebut, ada beberapa point-point penting dalam membangun kepariwisataan di Kabupaten PALI untuk beberapa tahun ke depan antara lain: