Jurus Ampuh Bupati PALI Heri Amalindo Cegah TPPO

Safir.idBupati PALI Heri Amalindo memiliki jurus ampuh untuk mengantisipasi dan mencegah Tindak Pidana Pencarian Orang (TPPO) yang saat ini jadi tantangan utama Pemerintah Indonesia.

Seperti diketahui, merujuk data yang dilansir Safir.id dari VOAIndonesia, Selasa (29/08/2023), sepanjang periode 2020-2022, korban kasus TPPO di Indonesia  sebanyak 1.581 orang dan tercatat di Simfoni PPA (Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak).

Atas dasar itulah, Heri Amalindo sudah memberikan instruksi agar Pemkab PALI menggelar sosialisasi pencegahan TPPO ‘Stop Human Trafficking’ yang digelar Dinas PPKBPPPA, Senin (28/08/2023).

Baca juga: Pemkab PALI 10 Persen Dana Desa Hadapi Ancaman Krisis Global

Langkah Pencegahan

Bupati Heri Amalindo melalui Staff Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Kusmayadi menjelaskan, dalam mencegah TPPO, perlu dilakukan Kolaborasi, Koordinasi, Komunikasi dan Aksi,” katanya.

Selain itu, perlu empat langkah pencegahan mengingat angka kasus itu cukup tinggi di sejumlah daerah di Indonesia.

“Pencegahan kasus TPPO saat ini menjadi atensi pemerintah pusat, mengingat kasusnya cukup tinggi. Yang lebih miris adalah korban TPPO sebagian besar adalah perempuan dan anak,” tambahnya.

Kasus TPPO juga, sama bentuknya dengan perbudakan manusia,yang tentunya di masa modern saat ini tindakan itu harus diberantas.

“Perdagangan orang merupakan bentuk modern dari perbudakan manusia. Dengan kegiatan ini menjadi langkah awal untuk selalu berkolaborasi dan berkoordinasi juga komunikasi dalam melindungi serta memberikan hak korban dan saksi dalam penegakan hukum apabila kasus ini terjadi,” jelasnya.

Baca juga: Cara Pemkab PALI Wujudkan Ketahanan Lingkungan Dari Bahaya Kebakaran