Kepengurusan Baznas Kabupaten PALI Periode 2023-2028 Dilantik

Kepengurusan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten PALI periode 2023-2028 resmi dilantik pada Senin (20/11/2023)

Safir.id—Kepengurusan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten PALI periode 2023-2028 resmi dilantik pada Senin (20/11/2023) di Guest House Bupati PALI, Jalan Pian Komperta Pendopo, Kecamatan Talang Ubi, PALI.

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) PALI DR. Kyai Erlin Susri, resmi dikukuhkan sebagai Ketua Baznas Kabupaten PALI, periode 2023-2028.

Pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Bupati PALI, DR. Ir. H. Heri Amalindo, MM yang diwakili oleh Wakil Bupati PALI, Drs. H. Soemarjono.

Kyai Erlin Susri menyampaikan bahwa dalam menjalankan roda organisasi nanti, dirinya membutuhkan banyak bimbingan dan arahan serta dukungan dari Pemerintah Kabupaten PALI serta para sesepuh di kabupaten PALI. Karena BAZNAS periode 2023-2028 ini memulai dari nol.

Baca juga: Heri Amalindo Ajak PPDI PALI Hadirkan Inovasi Di Setiap Desa

Dirinya sangat berharap agar Pemerintah Kabupaten PALI, bersedia memfasilitasi sekretariat hingga memfasilitasi terbentuknya regulasi. Baik itu berupa Peraturan Bupati (Perbup) ataupun Peraturan Daerah (Perba) terkait zakat.

“Dengan regulasi berupa Perbup atau juga Perda. Nantinya pengurus BAZNAS PALI bisa menarik zakat profesi yang melekat pada ASN. Tidak hanya itu, dengan payung hukum itu nanti, akan masuk juga ke perusahaan-perusahaan. Sehingga, melalui dana zakat bisa membantu program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan di Bumi Serepat Serasan,” ujarnya.

Kyai Erlin menganalogikan, andai satu orang warga kabupaten PALI urunan atau sokongan Rp 1.000. Maka tentu tidak ada lagi kemiskinan di kabupaten PALI. “Karena dengan dana yang dikumpulkan dari zakat, infak dan shodaqoh itulah, yang nantinya akan dipergunakan untuk membantu warga,” tambahnya.

Tidak hanya itu, dalam program kerjanya nanti, BAZNAS PALI telah menyusun lima pilar penting yang akan dilaksanakan. Pilar pertama yaitu program sosial keagamaan.

“Pilar kedua, program pendidikan. Pilar ketiga, program kesehatan, pilar keempat, penguatan peningkatan ekonomi kerakyatan dan pilar kelima yaitu tanggap bencana. Apabila kelima pilar ini bisa terealisasi, tentu akan membawa asas manfaat untuk masyarakat kabupaten PALI,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati PALI menanti gerakan dari BAZNAS kabupaten PALI, untuk mendukung program pemerintah. Politisi Partai Golkar itu juga mengaku akan mendukung Program BAZNAS Kabupaten PALI.

“Pemerintah siap memfasilitasi, namun minta kerja dulu. Kami mengapresiasi kepada pengurus BAZNAS PALI yang sudah dilantik. Karena kepengurusan yang ada saat ini terpanggil oleh amanah dan terpilih oleh Allah SWT. Jadi, kami berharap BAZNAS PALI bisa bekerja dengan amanah membawa kemaslahatan bagi masyarakat kabupaten PALI,” pungkasnya.