KORMI PALI Gelar Lomba Penulisan Esai Tingkat SLTA Se-Kabupaten PALI

Gratis dengan Hadiah Jutaan Rupiah

Safir.id—Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten PALI menggelar lomba penulisan essai bagi siswa dan siswi tingkat SLTA sederajat.

Ketua KORMI PALI Firdaus Hasbullah, SH atau sering disapa FH pada Minggu, (07/08/2022) mengatakan, lomba penulisan essai dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia ke-77.

“Jika para pahlawan dahulu berjuang dengan bambu runcing dan bergerilya agar Indonesia merdeka, kini generasi muda ditantang mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif salah satunya mampu menuangkan pikiran-pikiran cerdas dalam bentuk essai,” katanya.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk melatih literasi siswa dan siswi di Kabupaten PALI agar mampu menuangkan opini serta membangun struktur penulisan bebas sehingga kedepan diharapkan tumbuh bibit-bibit calon intelektual.

Terkait tema essai, FH menjelaskan, dengan mengangkat tema: “PALI Pulih dan Bangkit Pasca Pandemi Covid-19” diharapkan ada tulisan jujur, unik, dan menarik dari para siswa.

“Contohnya bagaimana siswa menceritakan pengalaman tidak tatap muka pembelajaran selama Covid-19. Kemudian, menuliskan gairah setelah bisa bertatap muka di ruang kelas sekaligus juga bagaimana kebijakan dari Pemerintah Kabupaten PALI pandemi Covid-19,” jelasnya.

Para siswa juga, tambah dia, mampu menceritakan pengalaman selama belajar dari rumah, yang tentunya ada perbedaan sikap, tata cara dan pola pembelajaran sehingga memengaruhi terhadap proses pembelajaran.

Syarat-Syarat Lomba Penulisan Esai

Persyaratan lomba penulisan esai bagi siswa dan siswi SMA, SMK dan MA se Kabupaten PALI adalah sebagai berikut:

  • Melampirkan Surat Keterangan Dari Sekolah
  • Melampirkan Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme
  • Judul dan isi esai sesuai dengan tema yang sudah ditetapkan oleh panitia.
  • Esai belum pernah diterbitkan di media massa, baik secara online maupun cetak.
  • Peserta lomba diwajibkan follow akun resmi Facebook: safir.id dan Instagram: sahabat_fh

Sistematika Penulisan Esai

  • Judul Esai
  • Nama Penulis
  • Pendahuluan (rumusan dan tujuan)
  • Pembahasan
  • Kesimpulan
  • Daftar Pustaka/Bibliografi

Waktu dan Hadiah Lomba Penulisan Esai

Pengiriman naskah esai dan attachment dokumen dimulai pada 17 Juli 2022 sampai 24 Agustus 2022 melalui email: admin@safir.id. Pemenang lomba akan diumumkan pada 30 Agustus 2022 di akun resmi Facebook, Instagram dan situs safir.id

Hadiah terdiri dari: Juara I mendapatkan uang tunai Rp1.000.000 plus Piagam, juara II mendapatkan uang tunai Rp 750.000 plus piagam, juara III mendapatkan Rp 500.000 plus piagam. Untuk harapan 1 sampai 10 masing-masing mendapatkan Rp250.000 plus piagam.

Untuk hal-hal yang belum jelas bisa ditanyakan langsung melalui DM di Instagram Safir.idnews. TIM SAFIR