PALIPedia: Panggilan Hati FH Mengabdi di Kabupaten PALI (3)

Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di Kabupaten PALI

Firdaus Hasbullah, SH Ketua PGK Sumsel yang juga Ketua KORMI Kabupaten PALI

Safir.id—Tokoh Pemuda PALI Firdaus Hasbullah, SH atau biasa di sapa FH bertekad membangun PALI jika diberikan kepercayaan dan amanah kelak untuk memimpin di tempat kelahirannya.

“Saya lahir dan besar di PALI. Saya tahu persis bagaimana masyarakat PALI sebelum dimekarkan atau pisah dari Muaraenim. Semua orang mungkin bisa menjadi bupati, akan tetapi jika putra daerah akan beda, ada rasa tanggung jawabnya,” kata FH seperti dilansir Koran Politik BeritaPagi,  Kamis (04/08/2022).

Menurut dia, Kabupaten PALI sangat kaya dengan potensi sumber daya alam (SDA) baik minyak, gas bumi dan batubara. Semua potensi itu bisa dioptimalkan sekaligus menjadi kekuatan membangun PALI di kemudian hari.

“Apalagi sekarang di era Presiden Jokowi semangat kolaborasi dan gotong royong antara pemerintah dengan swasta sangat bagus. Nah, perusaahan yang selama ini melakukan eksploitasi di perut bumi PALI bisa kita dilibatkan dalam pendanaan sehingga tidak mengandalkan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD),” jelasnya.

9 Tahun PALI Berkembang Pesat

FH menjelaskan, sejak dimekarkan tahun 2013, Kabupaten PALI yang dipimpin Bupati Heri Amalindo mengalami perkembangan sangat pesat terutama dalam bidang infrastruktur. Jalan, jembatan, rumah sakit dan sekolah sudah bagus. Itu semua bisa menjadi fondasi melanjutkan pembangunan.

“Sekarang jalan-jalan di PALI sudah bagus. Jembatan, sekolah di setiap kecamatan. Puskesmas gawat darurat dan fasilitas lain sangat bagus,” jelasnya.

Ia mencontohkan, dengan akses jalan yang sudah bagus, kini PALI menjadi jalan lintas dan penghubung dengan kabupaten/kota lain seperti Musi Banyuasin, Kabupaten Musi Rawas, Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas Utara, Kabupaten Lahat dan Kota Prabumulih.

“Transaksi ekonomi juga saat ini sudah berjalan dengan cepat, karena jalan di PALI sudah mulus. Pedagang dari PALI mengambil barang dari Prabumulih,” katanya.

Belum lagi, tambah dia, jika program Heri Amalindo untuk menghidupkan kembali Bandara dengan penambahan run way yang sempat terhenti karena ada Pandemi Covid-19 bisa dilanjutkan kembali. berjalan.

Sebelum adanya pandemi, saat itu sudah menyelesaikan kajian dari Kementerian Perhubungan dan sudah survei tinggal menunggu penyelesaian.

“Jika itu kelak terwujud, bukan tidak mungkin Prabumulih, Sekayu dan Muaraenim tidak harus ke Palembang lagi, karena sudah ada bandara di Kabupaten PALI,” katanya.

Betapa Penting SDM Untuk Kesejahteraan

Keinginan FH untuk menjadi pemimpin di Kabupaten PALI, semata-mata ingin menghadirkan SDM di Kabupaten PALI yang sehat dan cerdas serta berdaya guna sehingga dengan kemampuan yang dimiliki itu, bisa meraih kesejahteraan dalam berbagai bidang.

“Jangan berpikir sejahtera kalau masyarakat tidak sehat dan tidak berpendidikan. Jadi dua indikator ini harus berhasil,” tegasnya.

Ia menambahkan, dibawah kepemimpinan Bupati Heri Amalindo, capaian-capaian yang sudah berhasil dilakukan dan harus dilanjutkan untuk meningkatkan kualitas layanan kepad masyarakat sekaligus membawa PALI sejajar dengan kabupaten lainnya di Sumatera Selatan. TIM SAFIR.