Pembangunan Gedung DPRD PALI Sudah Telan Dana Rp101, 6 Miliar

Pembangunan Gedung DPRD Kabupaten PALI yang belum selesai dan aan dilanjutkan pembangunannya oleh Pemkab Kabupaten PALI.

Safir.idPembangunan gedung DPRD Kabupaten PALI yang dimulai sejak 2017, sudah menelan anggaran sebesar Rp101,6 miliar dari perencanaan awal sebesar Rp150 miliar.

Hal tersebut dikatakan Ismad R. Cahya, PPTK Pembangunan RSUD PALI dari Dinas PU Tata Ruang kabupaten PALI  saat menerima aksi damai HIMAPALI Sumsel, Senin (19/12/2022).

Menurut dia, pembangunan RSUD PALI sejak awal pada tahun 2017 lalu direncanakan memakan biaya lebih kurang Rp 150 Milyar.

“Pembangunan RSUD sudah dimulai sejak tahun 2017. Perencanaan awal pembangunan mencapai Rp 150 Milyar. Namun tidak bisa langsung maka dilakukan bertahap,” kata Ismad.

Untuk pemakaian tahap kesatu hingga tahap keempat jika ditotal sudah mencapai Rp 81,6 Milyar.

“Kemudian saat ini, tahun anggaran 2022 merupakan tahap kelima, dianggarkan sebesar Rp 20 Milyar. Artinya jika ditotal keseluruhan dari tahap kesatu hingga kelima, sudah mencapai Rp 101,6 Milyar,” tambahnya lagi.

Untuk tahap kelima, dijelaskan Ismad pembangunan sudah diakomodir sebesar 75% dengan nilai pagu anggaran sebesar Rp 20 Milyar,

“Kita maksimalkan di basement dan lantai 1. Lantai tiga tahun depan, lantai dua belum tersentuh juga. Basement dirubah lebih bagus, begitu juga dengan pagar. Mudah-mudahan di Januari nanti sudah terlihat hasilnya. Tahun depan kita akan anggarkan lagi,” jelasnya.

Baca: Sungguh Megah Kantor Bupati PALI Jika Sudah Jadi Kelak

Pemkab PALI Komitmen Selesaikan Gedung DPRD PALI

Sementara itu, Asisten 1 Setda kabupaten PALI, H. Andre Fajar Wijaya mengatakan bahwa sejatinya, Pemerintah Kabupaten PALI menginginkan agar pembangunan RSUD PALI cepat selesai.

“Kami ucapkan terimakasih atas aspirasi yang disampaikan oleh adik-adik dari HIMAPALI Sumsel. Tentu menjadi keinginan yang sama, agar pembangunan RSUD PALI segera selesai sehingga bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat PALI, khususnya dalam pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten PALI, tentunya akan menyelesaikan pembangunan RSUD PALI itu. “Sudah komitmen kami untuk menyelesaikan pembangunan, karena kami meyakini jika RSUD PALI tersebut selesai, maka tentunya pelayanan kesehatan masyarakat semakin terjangkau,” pungkasnya.

Baca: DPRD PALI Dukung Pemkab Aspal Jalan Poros Simpang Raja Sinar Dewa

Mahasiswa Unjukrasa

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Penukal Abab Lematang Ilir (HIMAPALI) Sumsel, menggelar aksi damai ke kantor Bupati PALI, di jalan Merdeka km. 10 kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi, kabupaten PALI.

HIMAPALI Sumsel mendesak Pemerintah Kabupaten PALI, untuk segera menyelesaikan pembangunan RSUD PALI yang berada di depan Mapolres PALI.

“Mendesak agar pembangunan RSUD PALI segera diselesaikan sehingga bisa digunakan untuk pelayanan kesehatan masyarakat kabupaten PALI. Serta kami minta agar dilakukan evaluasi pembangunan RSUD,” ujar Rawan, ketua HIMAPALI Sumsel.

Agar pembangunan transparan, pihaknya akan menempelkan papan informasi terkait perencanaan dan pembangunan RSUD PALI.

“Dengan menggunakan baleho, nanti akan disampaikan informasi baik mengenai anggaran pembangunan hingga foto-foto perencanaan dan pembangunan. Dipastikan RSUD PALI memang wah dan sangat bagus,” pungkasnya. TIM SAFIR