Pengrajin Resam PALI Raih Juara Dalam Ajang IKM Sumsel Award 2022

Citra Anjasmara bersama Plt. Kadisperindag PALI Teguh Eko Sutrisno dalam ajang IKM Sumsel Award 2022.

Safir.id—Pengrajin resam dari Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten PALI berhasil meraih juara dalam ajang Industri Kecil Menangah (IKM) Sumsel Award 2022 yang digelar pada Kamis (18/8/2022).

Perhelatan yang diadakan oleh Dinas Perindustrian Provinsi Sumsel itu dilaksanakan di Ballroom Hotel Aryaduta, Palembang.

Pengrajim resam PALI yang berhasil meraih juara tersebut bernama Citra Anjasmara dengan predikat juara Harapan III dalam ajang IKM Sumsel Award 2022.

Plt. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten PALI, Teguh Eko Sutrisno mengucapkan selamat kepada bahwa Citra Anjasmara atas torehan prestasi yang diraihnya.

“Selamat kepada pak Citra Anjasmara telah menjadi juara Harapan III dalam ajang IKM Sumsel Award tahun 2022 mewakili kabupaten PALI. Dengan hasil ini, semoga dapat mengangkat kerajinan resam agar lebih dikenal masyarakat Sumatera Selatan yang lebih luas,” katanya.

Pihaknya berkomitmen akan meningkatkan kualitas pengrajin di Kabupaten PALI agar bisa bersaing dalam ajang IKM Sumsel Award tahun depan.

Sementara itu, Ketua KORMI PALI sekaligus tokoh pemuda PALI Firdaus Hasbullah, SH saat dimintai komentarnya menegaskan, dirinya sangat mengapresiasi prestasi pengrajin resam Citra Anjasmara tersebut.

Hal itu, kata dia, menunjukan potensi pengrajim resam ke depan sangat besar untuk dikembangkan dan dijadikan salah satu produk UMKM unggulan dengan pangsa pasar global. Apalagi, kerajinan resam dari PALI juga masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award tahun 2022 untuk kategori Cindera Mata.

Dilansir dari situs apiaward.com, untuk Kategori Cindera Mata dalam ajang API Award 2022 bersaing dengan 9 kabupaten/kota di Indonesia antara lain:  

  • Batik Kuansing – Kab. Kuantan Singingi
  • Batik Kuntul Perak – Kota Bontang
  • Blangkon Sunan Kalijaga – Kab. Demak
  • Kampurui – Prov. Sulawesi Tenggara
  • Keramik Kachio – Kab. Limapuluh Kota
  • Minyak Kayu Putih – Kab. Buru
  • Parfum Rempah Myristica Botanica – Kab. Fakfak
  • Sisir Haikara – Kab. Sumba Timur
  • Tenun Putri Lindung Bulan – Kab. Aceh Tamiang. TIM SAFIR