Sikap Zuhud Gus Dur yang Tak Memiliki Dompet

Gus Dur atau K.H. Abdurrahman Wahid (Foto: NU.or.id)

Safir.idPresiden Indonesia keempat Gus Dur atau K.H. Abdurrahman Wahid dikenal sebagai sosok sederhana sampai tak memiliki dompet karena tidak punya uang.

Melansir laman nu.or.id yang dikutip Safir.id, Minggu (27/08/2023), kisah Gus Dur yang tak memiliki uang itu diceritatakan oleh puterinya Alissa Qotrunnada Munawaroh dalam blog pribadinya pada Mei 2019.

Suatu ketika, Alissa bertemu ayahnya saat kunjungan ke Yogyakarta. Saat itu, Gus Dur bertanya: “Lis, kamu punya uang yang bisa bapak pinjam? Ya, untuk pegangan saja, 5 juta cukup. Bapak nggak punya uang sama sekali?”

Menurut Alissa, ketika ayahnya bicara seperti itu sampai minta uang kepada anaknya berarti sudah berat sekali.

“Saya telepon Yenny sambil menangis. Kok bisa, bapak sampai tak punya uang, bahkan sesedikit itu. Kok bisa, mereka-mereka yang khianat kepada bapak hidup bergelimang kemewahan. Sedangkan bapak tak punya uang di kantungnya,” tutur Alissa.

Baca juga: Mengapa 2 Tokoh Ini Tidak Masuk Daftar “Presiden” Indonesia?

Sikap Zuhud Terhadap Dunia

Riwayat Gus Dur yang tak memiliki dompet karena kerap tidak memegang uang, menurut Mustofa Bisri dalam bukunya “Gus Dur dalam Obrolan Gus Mus” (2015) menunjukan sikap zuhudnya terhadap dunia.

“Gus Dur itu sepanjang hidupnya selalu bersahaja, sederhana, dan tidak bergantung kepada selain Allah. Selama itu, Gus Dur tak punya dompet. Saya sudah mengonfirmasi hal ini kepada keluarganya,” kata KH Mustofa Bisri (Gus Mus).

Dalam riwayat lain, KH Husein Muhammad menceritakan, saat ada orang yang menipunya, Gus Dur tahu tetapi diam saja, tidak menanyakannya. Itulah mengapa ia menyebut Gus Dur sebagai seorang Zahid.

Riwayat tentang Gus Dur yang sering tidak memegang uang, sesungguhnya betapa uang bagi Gus Dur merupakan benda yang mudah mendekati, sekaligus gampang menjauh sebab dikeluarkan untuk orang-orang yang membutuhkan.

Kisah Gus Dur diatas, semoga bisa menginspirasi pembaca tentang arti kehidupan dunia yang fana ini. Itulah juga yang menyebabkan Gus Dur tetap dirindukan meskipun telah meninggal dunia.

Baca juga: Kisah Inspiratif Rossabela Dwita Rintis Platform Fun Teacher Private