Tidak Pede dan Sulit Bicara Depan Umum? Ini 5 Tips Dari FH

Tips bicara depan umum

SafIr.id—Kemampuan berbicara di depan umum tidak dimiliki oleh semua orang. Sebagian diantaranya justru merasa kesulitan berkomunikasi bahkan hanya untuk menyampaikan pendapat sekalipun.

Aktivis sekaligus advokat Firdaus Hasbullah atau FH, yang merupakan mantan Ketua BEM Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), memiliki tips yang bisa Anda coba agar mulai mahir berbicara, memiliki keberanian untuk menyampaikan pendapat, bahkan kritis terhadap persoalan yang ada.

Tips untuk mengasah berbicara depan umum ini, sangat berguna untuk pelajar, mahasiswa, calon politisi muda, pemimpin komunitas dan para aktivis yang kesulitan berbicara depan umum sementara harus berhadapan dengan berbagai persoalan dan membutuhkan cara komunikasi mengesankan.

1. Belajar Organisasi

Menurut FH, dengan berorganisasi anda secara tidak langsung akan belajar banyak hal. Mulai dari cara memahami karakter orang, melatih kedisiplinan sampai bisa memahami cara komunikasi satu sama lain.

Dengan berorganisasi juga, akan terbiasa dengan lingkungan yang mengharuskan Anda suatu saat menjadi pemimpin. Misalkan, ketika ada kegiatan otomatis Anda akan mendapatkan giliran menjadi ketua atau penanggung jawab kegiatan tersebut. Saat itulah kemampuan berbicara Anda bisa terlatih.

Ia mengakui, dari organisasi itulah sebagian besar bakatnya berkembang sehingga terbiasa berbicara depan umum. Oleh karena itu, manfaatkanlah organisasi sebagai pintu gerbang menjadi seorang orator.

Baca: FH Dapat Penghargaan Pemuda Inspiratif dari IWO PALI

2. Miliki Gaya Bahasa Sendiri

Menurut FH, keterampilan lain yang bisa diasah agar pede dan berani bicara depan umum adalah berlatih sendiri. Misalkan, berbicara di depan cermin seolah-olah Anda sedang menghadapi banyak orang.

Cobalah pahami karakter Anda. Pahami apa yang ingin disampaikan. Buatlah catatan kecil dalam sehelai kertas. Atau jika Anda memiliki kemampuan membuat garis besar apa yang ingin disampaikan catatlah dalam pikiran Anda.

Temukan karakter cara bicara Anda. Jangan pedulikan gaya orang lain. Gaya bicara Anda akan menjadi ciri khas yang barang kali menjadi magnet bagi orang lain, sekaligus bisa menarik perhatian dibandingkan melakukan gimmick untuk menutupi demam panggung.

Baca: FH KTANisasi Harus Jadi Standar Rekrutmen Caleg Pemilu 2024